UNIVERSITAS PATTIMURA

Hallo Teman-Teman Selamat Datang Di BlogKu

Rabu, 02 Desember 2020

PERBANDINGAN

Pengertian Perbandingan

Perbandingan adalah proses membandingkan nilai dari dua besaran sejenis. Perbandingan biasa dinyatakan secara sederhana dan dalam bentuk pecahan. Konsep perbandingan ini bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya pada skala.

Gambar Skala

 

1. Skala

Pernahkah kamu melihat skala? Jika kamu membuka peta, pasti kamu menemukan skala. skala merupakan perbandingan antara jarak dan peta sebenarnya. Biasanya, skala ditulis dengan awalan 1: ... contoh 1 : 500.000 cm. Artinya setiap 1 cm pada peta  mewakili jarak 500.000 cm atau 5 km pada keadaan yang sebenarnya. secara matematis, skala dirumuskan sebagai berikut :

 

Keterangan :
Jp = jarak pada peta
Js = jarak sebenarnya 
 

2. Faktor perbesaran dan pengecilan
 
Faktor perbesaran dan pengecilan adalah perbandingan antara hasil perbesaran atau pengecilan dan ukuran awal benda. Secara matematis, faktor perbesaran dan pengecilan dirumuskan sebagai berikut :
 
Persamaan diatas menunjukan bahwa nilai akhir faktor perbesaran selalu lebih besar dari 1. Sementara itu nilai faktor pengecilan selalu kurang dari 1.
 

Jenis-jenis Perbandingan
Dilihat dari bentuknya, perbandingan dibagi menjadi dua yaitu :
 
1). Perbandingan senilai
perbandingan senilai adalah perbandingan yang menunjukan bahwa jika salah satu nilai variabel      diperbesar, maka nilai vaiabel lain semakin kecil.
 
2). Perbandingan berbalik nilai
Perbandingan berbalik nilai adalah perbandinngan yang menunjukan bahwa jika salah satu nilai variabel diperbesar, maka nilai variabel yang lain akan menjadi kecil. Misalnya, pembangunan suatu gedung memrlukan waktu 1 bulan dengan 20 pekerja. Jika perkerja ditambah maka pembangunan gedung akan semakin cepat terselesaikan.
 

Perbandingan Terkait Jumlah dan Selisih
 
perbandingan terkait jumlah dan selisih biasanya digunakan untuk memnentukan perbandingan umur, jumlah uang, dan tinggi badan.

Contoh soal !!
Ibu budi baru saja melahirkan seorang bayi dengan tinggi badan 48 cm. Jika tinggi badan budi 72 cm lebihnya dari badan adiknya, tentukan perbandingan tinggi badan budi dan adiknya!

Pembahasan
Dari soal diketahui :
Tinggi badan bayi = 48 cm
Tinggi badan budi = 48 + 72 = 120 cm
 
Dengan mencari hasil bagi diperoleh :
Tinggi badan budi : tinggi badan adiknya budi = 120 : 48
Tinggi badan budi : tinggi badan adiknya budi = 5 : 2
Jadi, Tinggi badan budi : tinggi badan adiknya adalah 5 : 2
 

1 komentar:

Tentang Penulis